Update SP2TP di Sulawesi Tengah

XIAOYI

Pelayanan kesehatan adalah upaya yang diberikan oleh puskesmas kepada masyarakat, mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pencatatan, pelaporan dan dituangkan dalam suatu sistem. Sistem informasi puskesmas adalah suatu tatanan yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan manajemen puskesmas untuk mencapai sasaran kegiatannya.

Dalam menjalankan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas telah tertuang bahwa Puskesmas wajib melakukan kegiatan Sistem Informasi Puskesmas (SIP). SIP dapat diselenggarakan secara elektronik maupun non elektronik.  SIP minimal mencakup pencatatan dan pelaporan kegiatan puskesmas dan jaringannya, survei lapangan, laporan lintas sector terkait laporan jejaring fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya. Pengembangan SIP di selenggarakan hingga mencakup laporan kegiatan puskesmas melalui komunikasi data yang terintegrasi.

Untuk dapat memenuhi hal tersebut, Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Puskesmas (SIP/SP2TP) Update tingkat Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 22 s.d 24 Agustus 2016 yang bertempat di Hotel Paramasu Palu. Kegiatan tersebut menghadirkan Stakeholder Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Kasubbag Perencanaan hingga utusan dari Kepala Puskesmas.

Rangkaian kegaiatan dimulai dari Pembukaan oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dr. Anshayari Arsyad, M.Kes, yang dilanjutkan dengan pemaparan dari para pemateri diantaranya oleh Pusat Data dan Informasi, Sub Direktorat Puskesmas Kementerian Kesehatan RI dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan. Pada penghujung kegiatan, direncanakan akan dilaksanakan Fokus Grup Diskusi dengan tujuan menghasilkan rancangan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk dilaksanakan pada wilayah kerjanya masing-masing. (Chandra)

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>