UPT Laboratorium Kesehatan

Laboratorium    Kesehatan   merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Dinas  Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yang didirikan melalui keputusan Gubernur Sulawesi Tengah pada tahun 1979. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pembentukan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada tahun 1998 Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah kembali di akuisisi oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah sesuai dengan amanat dalam UU Otonomi Daerah yang melaksanakan Desentralisasi  Pelayananan  Publik.

Kemudian pada tahun 2009 terbit Keputusan  Gubernur  Sulawesi Tengah No. 05 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksanaan Teknis pada Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah maka Laboratorium Kesehatan sebagai UPT pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dibentuk. Di era reformasi birokrasi, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah UPT Laboratorium Kesehatan tetap di pertahankan melalui Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Unit Pelaksana Teknis Dinas, Unit Pelaksana Teknis Badan dan Cabang Dinas.

16402918_352517435148011_3530140592439954921_o

Sebagai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah peranan utamanya merupakan perwujudan sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Laboratorium kesehatan juga merupakan  sarana bagi penentuan kesehatan lingkungan berdasarkan pengukuran, penetapan, dan pengujian bahan yang mempunyai keterkaitan langsung dengan kondisi lingkungan baik unsure tanah, air dan udara. Secara garis besar tugas pelayanan laboratorium terdiri atas layanan laboratorium klinik dan layanan laboratorium kesehatan masyakat. Laboratorium klinik melaksanakan pelayanan dibidang hematologi, kimia, mikrobilogi, parasitologi, imunologi, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan, terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Laboratorium Kesehatan masyarakat melaksanakan pelayanan pemeriksaan dibidang mikrobiologi, fisika, kimia atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan dan masyarakat dan kesehatan lingkungan, terutama untuk menunjang upaya pencegahan  penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Visi

Pelayanan Laboratorium Kesehatan bermutu dan terjangkau di Sulawesi Tengah

Misi

  1. Meningkatkan pelayanan yang bermutu dan terjangkau.
  2. Meningkatkan profesionalisme tenaga dalam pelayanan laboratoium.
  3. Mendorong masyarakat untuk hidup sehat melalui pelayanan laboratorium.

Tugas dan Fungsi

UPT Laboratoium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan pelayanan laboratorium kesehatan klinik dan laboratorium kesehatan masyarakat.

Laboratorium Klinik melaksanakan pemeriksaan dibidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, parasitologi, imunologi, patalogi dan dibidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan terutama untuk menunjang upaya penyembuhan penyakita dan pemulihan kesehatan.

Laboratorium Kesehatan Masyarakat, melaksanakan pelayanan pemeriksaan dibidang mikrobiologi, fisika, kimia dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan terutama untuk menunjang upaya pencegahan penyakit peningkatan kesehatan.

SDM UPT Laboratorium Kesehatan

Saat ini UPT Laboratorium Kesehatan dipimpin oleh dr. Muhammad Natsir, MPH sebagai Kepala UPT, Chandra, SE., MPH sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan para Pejabat Fungsional Tertentu dan Pejabat Fungsional Umum yang bekerja secara profesional dibidangnya masing-masing.