Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMaCerMat)

IMG_0877web

Di masyarakat seringkali dijumpai berbagai masalah dalam penggunaan obat, misalnya penggunaan obat bebas secara tidak tepat serta kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan, menyimpan, membuang obat dengan benar merupakan berbagai masalah yang seringkali kita temui di masyarakat kita selain penguin antibiotik yang tidak tepat. Hal tersebut disebabkan masih kurangnya pemahaman masyarakat dan perilaku yang salah dalam penggunaan obat. Selain itu penggunaan obat bebas (OTC) tanpa pengetahuan dan informasi memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, misalnya dosis berlebihan, durasi tidak tepat, kejadian efek samping, interaksi obat/penyalahgunaan obat, dan sebagainya.

IMG_0905webPenggunaan antibiotika yang tidak tepat dan berlebihan, hal ini dapat meningkatkan kejadian antimicrobial resistance (AMR) atau resistensi bakteri terhadap antibiotika. Bila hal tersebut berlanjut terus menerus akan sangat berbahaya, dimana bila terjadi infeksi bakteri namun tidak ada antibiotika yang dapat membunuh bakterinya karena sudah resisten.

Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, perlu dilakukan edukasi terhadap masyarakat. Sejak tahun 2015, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMaCerMat). Gerakan ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

IMG_0891webDi Provinsi Sulawesi Tengah GeMaCerMat hari ini 17 Oktober 2016 di Kabupaten Banggai, sosialisasi ini di hadiri oleh Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI Ibu Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt., PH.D, Anggota DPR RI Komisi IX Ibu dr. Venna Gladies Merry Inkriwan, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, Unsur Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten Banggai dan Unsur dari Organisasi Profesi Kesehatan se Sulawesi Tengah.

Dalam Sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan GeMaCerMat sangat tepat karena sebagai upaya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara benar dan tepat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI Ibu Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt., PH.D, Anggota DPR RI Komisi IX Ibu dr. Venna Gladies Merry Inkriwan dan Direktorat Pelayanan Kefarmasian. Direncanakan acara yang sama akan dilaksanakan kembali tahun 2017 di Kabupaten Poso dan Kota Palu.

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>