Image default
Program & Kegiatan

KEGIATAN PERTEMUAN PMKDR ( PENILAIAN MUTU KUALITAS DATA RUTIN )

Ketersediaan data dan informasi kesehatan  memegang peranan penting dalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan. Data dan informasi yang benar dan lengkap serta tepat waktu adalah sumber daya yang sangat strategis bagi pimpinan di semua lini organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi, pimpinan dapat membuat sebuah keputusan dan menyusun rencana untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Dalam rangka peningkatkan ketersediaan data dan informasi kesehatan yang berkualitas, Pusat Data & Informasi Kesehatan telah mengembangkan sebuah metode Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR).

PMKDR ini merupakan suatu metode yang dirancang untuk staf pengolah data program kesehatan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota dalam menilai kualitas data rutin dan meningkatkan kualitas data. PMKDR meliputi kelengkapan, keakuratan, konsistensi dan kualitas komponen sistem pemantauan program.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi kesehatan yang berkualitas serta meningkatkan kemampuan pengelola data tersebut Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melalui Pertemuan Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin bagi Pengelola SIK Kabupaten/Kota dan Provinsi Sulawesi Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 17 s/d 19 Juli 2019.

Dari hasil kegiatan Pertemuan Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) di Hotel Sentral pada tanggal 17 juli s/d 19 juli 2019 dengan peserta Provinsi dan Kabupaten berjumlah 50 orang yang terdiri dari pengelola program di provinsi dan pengelola SIK Kabupaten/Kota, keseluruhan peserta yang hadir aktif mengikuti materi yang dibawakan oleh Ibu marlina Indah Susanti, S.KM.,M.Epid sebagai narasumber pusat dengan membawakan materi tentang Penilaian Mutu Kualitas Data Rutin,  Sistem Informasi Kesehatan (SIK). Adapun poin-poin dalam materi yang disampaiakan meliputi Gambaran Evaluasi SIK (HMN tools), pengembangan Tools Analis Persiapan Telah Laporan Rutin, Pengukuran Konsistensi Internal dan Eksternal.

Dengan adanya pertemuan Penilaian Mandiri Kualita Data Rutin (PMKDR), harapannya adalah ilmu yang telah di dapat akan di terapkan oleh pengelola program masing-masing, kualitas data yang akan dikirim ke unit yang lebih tinggi dapat dipertanggung jawabkan akurasinya, unit yang lebih tinggi  dapat mengetahui kualitas data yang dikirimkan Kabupaten, dan pengelola  program di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dapat dinilai dan dibenahi kabupaten mana yang masih mempunyai masalah dalam penginputan, pengelolaan dan pelaporan data.

Related posts

PERTEMUAN ORIENTASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN DAERAH (SIKDA) GENERIK

Dinkes Sulteng

Pertemuan Pelayanan Kebijakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) Lintas Sektor Kota Palu

Dinkes Sulteng

Leave a Comment