Image default
Berita

PEMANTAUAN SURVEILANS KESEHATAN HAJI DI ASRAMA HAJI PALU FASE PEMBERANGKATAN TAHUN 1440 H / 2019 M

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, bidang-bidang yang terlibat dalam pengawasan kesehatan jema’ah haji di Asrama Haji Palu di antaranya adalah Seksi Surveilans dan Imunisasi Program Surveilans Kesehatan Haji.

         Surveilans epidemiologi kesehatan haji adalah kegiatan analisis secara sistimatis dan terus menerus terhadap penyakit atau masalah kesehatan jema’ah haji dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah kesehatan tersebut, agar dapat dilakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebarluasan informasi bagi penyelenggara program kesehatan haji. Penyelenggaran Sistem Informasi dan Surveilans Epidemiologi bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi penyelengaraan haji, terutama bidang kesehatan.

Penyelenggaraan ibadah haji bertujuan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistem dan menajemen penyelenggaraan yang terpadu agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama serta jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga memperoleh haji mabrur.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Dr. Mohamad Hidayat Lamakarate, M.Si,. Pada kesempatan tersebut memberikan support dan semangat kepada tim pemeriksa kesehatan jemaah haji serta jemaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan di Asrama Haji Palu, diselenggarakan oleh pemerintah Daerah dengan melibatkan berbagai SKPD diantaranya Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah yang di koordinir oleh Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesling dan Kesgaor.

Pelaksanaan penyelengaraan Ibadah Haji Sulawesi Tengah terdiri dari 11 Kloter dimana 1 kloter terdiri dari 3 trip, yang dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli sampai dengan 28 Juli 2019, bertempat di Asrama Haji Palu.

Related posts

Masyarakat Sulteng Miliki Jaminan Kesehatan Diatas Rata-rata Nasional

admin

Himbauan Gubernur Sulawesi Tengah Terkait Covid-19

admin

Ini Jenis Kanker Terbanyak pada Pria dan Wanita

admin

Leave a Comment