RSUD Ampana Konsultasikan Pengelolaan Survei Kepuasan Masyarakat ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah

Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik terus dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ampana. Salah satunya melalui kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah untuk berkonsultasi mengenai pelaksanaan dan pelaporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Kamis (30/10).

Tim RSUD Ampana yang dipimpin oleh sejumlah pejabat struktural melakukan dialog bersama pengelola SKM Dinas Kesehatan Provinsi. Dalam pertemuan itu, pihak rumah sakit menanyakan posisi dan mekanisme pelaksanaan SKM di lingkungan Dinas Kesehatan.

“Pelaksanaan SKM berada di bawah Sekretariat, khususnya pada Subbag Umum dan Kepegawaian bagian Humas,” jelas Hamdi, SKM., M.Kes, pengelola Website dan SKM Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Ia menambahkan, RSUD Ampana hingga kini belum memiliki unit khusus Humas maupun pengelola PPID. Karena itu, Hamdi menyarankan agar rumah sakit tersebut segera membentuk bagian Humas guna memperkuat koordinasi dan tata kelola informasi publik, termasuk pengelolaan SKM, SP4N-Lapor, dan layanan keterbukaan informasi.

“Dengan adanya Humas, pengelolaan regulasi dan pelaporan seperti SKM akan lebih terkoordinasi serta mudah dikembangkan sesuai standar pelayanan publik,” ujarnya.

Dalam kunjungan itu, tim RSUD Ampana juga menanyakan mekanisme pelaporan hasil SKM. Dijelaskan bahwa laporan disampaikan kepada Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) serta dilengkapi rencana tindak lanjut berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal memperkuat sinergi antara RSUD Ampana dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dalam mendorong peningkatan mutu layanan kesehatan yang transparan dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Penulis : Hamdi, SKM., M. Kes