Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pada acara Pembukaan PERTEMUAN ORIENTASI LAYANAN TEST DAN PENGOBATAN HIV BAGI KLINIK SWASTA DI KOTA PALU

Palu, 15 Maret 2023

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pada acara Pembukaan PERTEMUAN ORIENTASI LAYANAN TEST DAN PENGOBATAN HIV BAGI KLINIK SWASTA DI KOTA PALU yang diwakili oleh Bapak Afuad, SKM., M.Kes. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.
..
PROGRAM PENGENDALIAN HIV/AIDS BERTUJUAN UTAMA UNTUK MENGHENTIKAN EPIDEMI AIDS DI INDONESIA PADA TAHUN 2030, DENGAN TUJUAN KHUSUS (‘THREE ZEROS’) UNTUK (1) MENURUNKAN HINGGA MENIADAKAN INFEKSI HIV BARU; (2) MENURUNKAN HINGGA MENIADAKAN KEMATIAN YANG DISEBABKAN OLEH KEADAAN YANG BERKAITAN DENGAN AIDS; DAN (3) MENIADAKAN DISKRIMINASI TERHADAP ODHA. UNTUK MENCAPAI TUJUAN DITERAPKAN PENDEKATAN 95-95-95, YAITU MENEMUKAN 95% DARI PERKIRAAN ODHA YANG ADA MELALUI TES HIV, MENGOBATAI 95% ODHA YANG DITEMUKAN DAN MEMASTIKAN 95% DARI ODHA YANG DIOBATI MENGALAMI SUPRESI VIRUS (TIDAK TERDETEKSI DENGAN PEMERIKSAAN ‘VIRAL LOAD) .
..
BERDASARKAN DATA YANG TERCATAT DI DI PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2022, ODHA YANG MENGETAHUI STATUS DAN MASIH HIDUP MENCAPAI 1.976 (42%), ODHA YANG MASIH DALAM PENGOBATAN ARV SEBESAR 58% VIRUSNYA TERSUPRESI BARU MENCAPAI 28%, SERTA ODHA YANG LOST TO FOLLOW UP (LTFU) MASIH BERJUMLAH 382 ORANG.
..
SEJAK TAHUN 2020, KEMENTERIAN KESEHATAN TELAH BERUPAYA MEMBUKA AKSES SELUAS-LUASNYA DENGAN MELATIH DAN MEMBUKA LAYANAN PENGOBATN DUKUNGAN PERAWATAN (PDP) DI SELURUH WILAYAH INDONESIA KHUSUSNYA DI 238 KAB/KOTA YANG DIDUKUNG DARI DANA THE GLOBAL FUND. TERCATAT SAMPAI DENGAN TAHUN 2023 TELAH TERSEDIA LAYANAN TES BERJUMLAH 253 SERTA 25 LAYANAN PENGOBATAN YANG TERSEBAR DI 13 KAB/KOTA DI PROVINSI SULAWESI TENGAH.
..
UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DAN MELAKUKAN AKSELERASI ART DENGAN MENGINTENSIFKAN PENERAPAN KEBIJAKAN TEST & TREAT, PENEMUAN KASUS LAMA YANG BELUM ART DAN LFU SERTA PENEMUAN KASUS BARU TERMASUK PADA PASIEN IMS, TB DAN HEPATITIS MAKA DIANGGAP PERLU UNTUK MELAKSANAKAN KEMBALI ORIENTASI LAYANAN PENGOBATAN BAGI PETUGAS FASKES PEMERINTAH MAUPUN SWASTA.
..
DIHARAPKAN SETELAH PELATIHAN INI, LAYANAN PENGOBATAN AKAN BERTAMBAH KHUSUSNYA DI KOTA PALU, SEHINGGA AKAN MEMUDAHKAN AKSES ARV BAGI ODHIV DAN TENTUNYA AKAN BERDAMPAK PADA MENURUNNYA ANGKA LOST TO FOLLOW UP, MENURUNNYA ANGKA KASUS AIDS AKIBAT MENINGKATNYA PERSENTASE ODHIV BARU YANG MEMULAI PENGOBATAN.

Berita Terbaru

Info Grafis

Subscribe Us

Subscribe untuk mendapatkan berita terbaru dari Dinkes Sulteng

Gallery Kegiatan

Video Dinkes Sulteng

Jangan Lewatkan Podcast Dinkes Sulteng yang tayang setiap Minggu