PERTEMUAN VALIDASI DATA KESEHATAN PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2022

Bagikan

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan Kegiatan Pertemuan Validasi Data Kesehatan pada tanggal 22 s/d 24 November tahun 2022 di Hotel Jazz Palu

Kegiatan di buka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah bapak Idris, S.Sos.,M.Kes. Pada kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Pejabat Eselon IV, Pengelola Program terkait Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah serta Pejabat/Pengelola SIK 13 Kabupaten/Kota. Narasumber berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) bapak Yudhi Yogaswara jabatan statistisi ahli muda dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah bapak Madda, SE Jabatan Kepala Bidang Statistik.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun data kesehatan dan data yang terkait dari berbagai sumber (Kabupaten/ Kota), Provinsi dan pengelola program di Provinsi, meningkatkan kelengkapan, kualitas, dan ketepatan waktu Data kesehatan dari kabupaten/Kota. Tersedianya data kesehatan rutin, data dasar Puskesmas dan SPM secara tepat waktu yang konsisten.

Informasi kesehatan yang berkualitas dihasilkan dari data kesehatan yang berkualitas. Kualitas data kesehatan dapat diukur melalui validasi data. Data yang divalidasi dengan baik akan memberikan kontribusi terhadap kualitas dari informasi yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan ketersediaan dan juga kualitas data kesehatan serta pemanfaatannya, maka Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan pertemuan validasi data kesehatan yang melibatkan lintas program kesehatan, lintas sektor serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah.